KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas petunjuk dan hidayah-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan kewirausahaan dengan baik
dan tepat waktu. Laporan kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi tugas mata
pelajaran Kewirausahaan. Disamping itu laporan ini dimaksudkan agar siswa dapat
mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini penulis
mengucapkan rasa terima kasih kepada :
1)
Bapak Saepurohman
Udung M.Pd,
selaku Kepala SMKN 1 Kota
Sukabumi
yang
telah memberikan izin untuk menyusun laporan.
2)
Ibu Tita selaku guru kewirausahaan
sekaligus sebagai pembimbing penyusunan laporan.
3)
Orangtua penulis yang selalu memberikan
dukungan serta doa untuk saya
4)
Teman – teman penulis yang telah memberikan
motivasi dan dukungan dalam pembuatan laporan kegiatan usaha ini
5)
Semua pihak yang membantu menyelesaikan penyusunan
proposal kegiatan usaha ini.
Penulis menyadari masih
ada kekurangan dalam penyajian laporan kegiatan usaha ini. Oleh karena itu,
kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan laporan serta usaha yang
dijalankan.
Semoga laporan kegiatan
usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.
Sukabumi,
3 Maret 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................... I
Daftar Isi.................................................................................................... II
BAB I Pendahuluan
A. Organisasi Usaha........................................................................................................ 1
B. Deskripsi Usaha.......................................................................................................... 1
1.
Jenis kegiatan
usaha yang dilakukan...................................................................... 1
2.
Produk yang
dihasilkan.......................................................................................... 1
3.
Target pemasaran.................................................................................................... 1
4.
Situasi
persaingan, resiko, hambatan, dan solusi................................................... 1
BAB II Laporan Kegiatan Usaha
A. Aspek Produksi.......................................................................................................... 2
1.
Kebutuhan alat,
bahan, dan biaya produksi........................................................... 2
2.
Proses produksi...................................................................................................... 3
3.
Volume produksi.................................................................................................... 3
B. Aspek Pemasaran....................................................................................................... 4
1.
Penetapan harga
jual............................................................................................... 4
2.
Promosi................................................................................................................... 4
3.
Distribusi ............................................................................................................... 4
C. Aspek Finansial.......................................................................................................... 5
1.
Kebutuhan modal
tetap dan modal kerja............................................................... 5
2.
Biaya yang
dikeluarkan ......................................................................................... 5
3.
Hasil penjualan
...................................................................................................... 5
D. Laporan Keuangan.................................................................................................... 5
1.
Neraca (Balance
Sheet).......................................................................................... 5
2.
Laporan laba
rugi (income statement).................................................................... 6
3.
Laporan
perubahan modal...................................................................................... 6
E. Lampiran.................................................................................................................... 7
1.
Dokumentasi.......................................................................................................... 7
2.
Bukti transaksi........................................................................................................ 7
BAB III Penutup
A. Kesimpulan................................................................................................................. 8
B. Saran........................................................................................................................... 8
BAB I
Pendahuluan
A.
Organisasi
Usaha
Usaha
yang didirikan ini terdiri dari 4 orang :
1. Septian
Nur Cahyadi : Penanggung jawab
organisasi (Ketua)
2. Muhammad
Kodar A.K : Penanggung jawab pemasaran
3. Muhammad
Maulaji : Penanggung jawab
produksi
4. Muhammad
Robbi U : Penanggung jawab laporan
B.
Deskripsi
Usaha
1. Jenis
kegiatan usaha yang dilakukan
Usaha yang di lakukan merupakan usaha yang bergerak
di bidang produksi makanan.
2. Produk
yang dihasilkan
Produk yang di hasilkan
adalah donat.
3. Target
pemasaran
Target permasaran :
A. Guru
B. Teman
1 kelas
C. Teman
1 sekolah
4. Situasi
persaingan, resiko, hambatan, dan solusi
A. Situasi
persaingan
Dengan banyaknya penjual yang ada di
sekolah membuat persaingan menjadi rumit dan menarik.
B. Resiko
Resiko yang harus dihadapi adalah
makanan yang kita jual tidak habis terjual karena adanya penjual yang lain yang
barangnya lebih menarik
C. Hambatan
Dengan sedikit waktu yang dimiliki untuk
melakukan penjualan membuat kita sulit untuk menjajalkan barang kita
D. Solusi
1. Melakukan
strategi penjualan dengan semenarik mungkin agar pembeli membeli barang makanan
kami.
2. Membuat
barang makanan sebagus mungkin, seenak mungkin, dan semenarik mungkin agar
dapat menarik perhatian pembeli.
3. Mengefefktifkan
dan mengefesiensikan waktu semaksimal mungkin agar barang makanan kita cepat
terjual.
BAB II
Laporan Kegiatan
Usaha
A.
Aspek
Produksi
a. Kebutuhan
alat, bahan, dan biaya produksi
Alat:
1. Wadah
2. Katel4
3. Kompor
4. Tabung
gas
5. Sumpit
Bahan:
1.
tepung terigu
2.
susu bubuk
3.
ragi instan
4.
kentang
5.
gula pasir
6.
telur ayam
7.
air dingin
8.
mentega
9.
garam
Biaya Produksi
No
|
Alat atau Bahan
|
Pemakaian
|
Jumlah Harga
|
1
|
Wadah
|
1 buah
|
Rp. 10.000,00
|
2
|
Wajan
|
1 buah
|
Rp. 20.000,00
|
3
|
Kompor
|
1 buah
|
Rp. 150.000,00
|
4
|
Tabung Gas
|
1 buah
|
Rp. 20.000,00
|
5
|
Sumpit
|
1 buah
|
Rp. 1.000,00
|
6
|
Tepung terigu
|
1 kg
|
Rp. 10.000,00
|
7
|
Susu bubuk
|
1 scht
|
Rp. 2.000,00
|
8
|
Ragi instan
|
1 scht
|
Rp. 1.000,00
|
9
|
Kentang
|
¼ kg
|
Rp. 3.000,00
|
10
|
Gula pasir
|
Seckupnya
|
---
|
11
|
Telur ayam
|
4
|
Rp. 6.000,00
|
12
|
Air dingin
|
Secukupnya
|
---
|
13
|
Mentega
|
½ kg
|
Rp. 8.000,00
|
14
|
Garam
|
secukupnya
|
---
|
Jumlah Total
|
Rp. 231.000,00
|
b. Proses
produksi
1.
Ambilah wadah bersih, lalu campurkan tepung terigu, susu
bubuk, gula, ragi instan dan aduk-aduk sampai rata.
2.
Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur
ayam dan juga air dinginnya, aduk sampai rata.
3.
Berilah adonan donat mentega dan juga garam, kemudian
aduk lagi sampai elastis. diamkan adonan ini 15 menit saja.
4.
Kemudian bagilah adonan donat ini, masing-masing 50
gram, lalu dibulatkan dan istirahatkan adonan ini 20 menit, hingga mengembang. (Biasanya untuk membagi & juga membulatkan
seluruh adonan donat kentang hingga habis, memerlukan waktu 15 sampai dengan 20 menit, begitu anda membulatkan adonan
kentang terakhir, langsung saja anda panaskan minyak goreng tuk memulai
menggoreng adonan donat perdana yang telah dibulatkan).
5.
Selagi di goreng, lubangi adonan donat ini dibagian
tengah, menjadi bentuk donat, menggunakan sumpit sampai donat matang.
6. Angkat dan tiriskan. Taburilah donat dengan gula manis
atau hiasi (topping) dgn coklat.
c. Volume
produksi
Produksi di lakukan sebanyak 1 kali
dalam 1 minggu dan dilakukan hanya selama bulan februari dengan volume
produksi, 1 kali produksi menghasilkan 20 sampai 25 donat.
B.
Aspek Pemasaran
1.
Penetapan harga
jual
harga
adalah jumlah nilai uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi
dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang kami jalankan,
kami menggunakan teknik follow the leader pricing yaitu teknik penentuan harga
dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing dan harga individual
dengan meninjau periklanannya. Alasan kami mengapa memilih teknik ini karena
menurut kami teknik ini yang paling efektif untuk dijalankan.
No.
|
Rincian
|
Harga Jual / Unit
|
Laba / Unit
|
1.
|
Donat Kentang Pisduk
|
Rp. 2.000,00
|
Rp. 1.000,00
|
2.
Promosi
Sebelum produk dapat dibeli oleh banyak konsumen
maka produk perlu diketahui secara luas terlebih dahulu dan caranya adalah
promosi. Jenis dari promotion adaempat (4) yaitu periklanan, sales promotion,
personal selling, public relation. Dalam usaha yang kami jalankan, kami
menggunakan strategi personal selling atau penjualan pribadi. Personal selling
yaitu kegiatan menawarkan barang atau jasa langsung kepada calon pembeli. Kami
berusaha menemui calon pembeli dan berhadapan muka dengannya. Dasar pemikiran
metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan
komunikasi yang terbaik adalah komunikasi langsung. Oleh karena itu, kami tidak
akan henti-hentinya mencari dan mengejar calon pelanggan baik di kelas maupun
diluar lingkungan kelas.
3.
Distribusi
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara
promosi langsung kepada customer, saat donat kentang psiduk telah di buat. Kami
mencari pembeli dengan langsung menghampiri orang-orang yang sedang istirahat
dan orang-orang yang sedang duduk di luar dan di dalam ruangan. Kami juga menawarkan kepada guru
kelas kami saat mata pelajaran yang di ajarkan telah selesai, tidak sampai
disitu saja kami pun mencoba ke kantin sekolah pada jam istirahat dan ke
tempat-tempat lainnya.
Setelah menawarkan produk kami akhirnya banyak
terjadinya transaksi atau
pembelian.
Bahkan sebelum melakukan sosialisasi produk ada beberapa customer yang langsung
membeli. Kebanyakan dari pembeli kami adalah siswa/i yang sedang santai menunggu bel masuk
istirahat berbunyi dan sehubungan itu mereka dalam keadaan lapar, sehingga
penjualan donat kentang pisduk berjalan dengan lancar dan banyak yang membeli.
C.
Aspek Finansial
1.
Kebutuhan modal
tetap dan modal kerja
Modal tetap = Rp. 200.000,00
Modal kerja = Rp. 31.000,00
2.
Biaya yang
dikeluarkan
Modal sendiri = Rp. 100.000,00
3.
Hasil penjualan
Penjualan ke-
|
Jumlah barang
|
Harga barang
|
Harga jual
|
Laba
|
1
|
20
|
1.000/buah
|
2.000/buah
|
20.000
|
2
|
25
|
1.000/buah
|
2.000/buah
|
25.000
|
3
|
25
|
1.000/buah
|
2.000/buah
|
25.000
|
4
|
25
|
1.000/buah
|
2.000/buah
|
25.000
|
D.
Laporan Keuangan
1.
Neraca (Balance
Sheet)
NERACA
|
|
AKTIVA
|
(Dalam Rupiah)
|
AKTIVA LANCAR
Persediaan
-
Terigu
-
Kentang
-
Minyak Goreng
-
Telur
-
Mentega
-
Ragi instan
|
10.000,00
3.000,00
8.000,00
6.000,00
3.000,00
1.000,00
|
Jumlah
|
31.000
|
AKTIVA TIDAK
LANCAR
Peralatan
-
Kompor
-
Wajan
-
Gas
-
Wadah
|
150.000,00
20.000,00
20.000,00
10.000,00
|
Jumlah
|
200.000
|
PASSIVA
|
|
Sumber Modal
|
80.000
|
2.
Laporan laba
rugi (income statement)
LAPORAN LABA RUGI
|
|
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi
|
40.000
20.000
|
Laba Bersih
|
20.000
|
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi
|
50.000
25.000
|
Laba Bersih
|
25.000
|
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi
|
70.000
40.000
|
Laba Bersih
|
30.000
|
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi
|
50.000
25.000
|
Laba Bersih
|
25.000
|
Jumlah
|
10.000
|
3.
Laporan
perubahan modal
Laporan Perubahan Keuangan
|
||
Modal awal usaha
|
|
RP. 80.000,00
|
Laba bersih
|
Rp. 100.000,00
Rp. 40.000,00
|
|
Produksi
|
||
Perubahan modal
|
|
Rp. 60.000,00
|
Modal akhir usaha
|
|
Rp. 140.000,00
|
E.
Lampiran
1.
Dokumentasi
Bukti transaksi
BAB III
Penutup
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
dalam melakukan suatu usaha perlu
mengetahui berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan.
Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan
aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang
akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha donat kentang pisduk ini
merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan
usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal
yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.
B.
Saran
1. Dalam melakukan usaha sebaiknya dipersiapkan segala
sesuatunya dengan matang dan
tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2. Dalam
berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3. Seorang wirausaha haruslah selalu
kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar
pelanggan tidak mudah bosan.
4. Semangat
wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5. Jangan
mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar