Selasa, 10 Maret 2015

CONTOH LAPORAN KEWIRAUSAHAAN

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan kewirausahaan dengan baik dan tepat waktu. Laporan kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan. Disamping itu laporan ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada :
1)      Bapak Saepurohman Udung M.Pd, selaku Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi yang telah memberikan izin untuk menyusun laporan.
2)      Ibu Tita selaku guru kewirausahaan sekaligus sebagai pembimbing penyusunan laporan.
3)      Orangtua penulis yang selalu memberikan dukungan serta doa untuk saya
4)      Teman – teman penulis yang telah memberikan motivasi dan dukungan dalam pembuatan laporan kegiatan usaha ini
5)      Semua pihak yang membantu menyelesaikan penyusunan proposal kegiatan usaha ini.

Penulis menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian laporan kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan laporan serta usaha yang dijalankan.
Semoga laporan kegiatan usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.



Sukabumi, 3 Maret 2015




Penulis           

DAFTAR ISI
           Kata Pengantar.......................................................................................... I
          Daftar Isi.................................................................................................... II
BAB I Pendahuluan
            A.    Organisasi Usaha........................................................................................................ 1
            B.     Deskripsi Usaha.......................................................................................................... 1
1.      Jenis kegiatan usaha yang dilakukan...................................................................... 1
2.      Produk yang dihasilkan.......................................................................................... 1
3.      Target pemasaran.................................................................................................... 1
4.      Situasi persaingan, resiko, hambatan, dan  solusi................................................... 1
BAB II Laporan Kegiatan Usaha
             A.    Aspek Produksi.......................................................................................................... 2
1.      Kebutuhan alat, bahan, dan biaya produksi........................................................... 2
2.      Proses produksi...................................................................................................... 3
3.      Volume produksi.................................................................................................... 3
            B.     Aspek Pemasaran....................................................................................................... 4
1.      Penetapan harga jual............................................................................................... 4
2.      Promosi................................................................................................................... 4
3.      Distribusi ............................................................................................................... 4
             C.     Aspek Finansial.......................................................................................................... 5
1.      Kebutuhan modal tetap dan modal kerja............................................................... 5
2.      Biaya yang dikeluarkan ......................................................................................... 5
3.      Hasil penjualan ...................................................................................................... 5
            D.    Laporan Keuangan.................................................................................................... 5
1.      Neraca (Balance Sheet).......................................................................................... 5
2.      Laporan laba rugi (income statement).................................................................... 6
3.      Laporan perubahan modal...................................................................................... 6
E.                              Lampiran.................................................................................................................... 7
 1.      Dokumentasi.......................................................................................................... 7 
 2.      Bukti transaksi........................................................................................................ 7
BAB III Penutup
             A.    Kesimpulan................................................................................................................. 8
             B.     Saran........................................................................................................................... 8


BAB I
Pendahuluan
A.    Organisasi Usaha
Usaha yang didirikan ini terdiri dari 4 orang :
1.      Septian Nur Cahyadi        : Penanggung jawab organisasi (Ketua)
2.      Muhammad Kodar A.K    : Penanggung jawab pemasaran
3.      Muhammad Maulaji          : Penanggung jawab produksi
4.      Muhammad Robbi U        : Penanggung jawab laporan
B.     Deskripsi Usaha
1.      Jenis kegiatan usaha yang dilakukan
Usaha yang di lakukan merupakan usaha yang bergerak di bidang produksi makanan.
2.      Produk yang dihasilkan
Produk yang di hasilkan adalah donat.
3.      Target pemasaran
Target permasaran :
A.    Guru
B.     Teman 1 kelas
C.     Teman 1 sekolah
4.      Situasi persaingan, resiko, hambatan, dan solusi
A.    Situasi persaingan
Dengan banyaknya penjual yang ada di sekolah membuat persaingan menjadi rumit dan menarik.
B.     Resiko
Resiko yang harus dihadapi adalah makanan yang kita jual tidak habis terjual karena adanya penjual yang lain yang barangnya lebih menarik
C.     Hambatan
Dengan sedikit waktu yang dimiliki untuk melakukan penjualan membuat kita sulit untuk menjajalkan barang kita
D.    Solusi
1.      Melakukan strategi penjualan dengan semenarik mungkin agar pembeli membeli barang makanan kami.
2.      Membuat barang makanan sebagus mungkin, seenak mungkin, dan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian pembeli.
3.      Mengefefktifkan dan mengefesiensikan waktu semaksimal mungkin agar barang makanan kita cepat terjual.
BAB II
Laporan Kegiatan Usaha

A.    Aspek Produksi
a.       Kebutuhan alat, bahan, dan biaya produksi
Alat:
1.      Wadah
2.      Katel4
3.      Kompor
4.      Tabung gas
5.      Sumpit
Bahan:
1.      tepung terigu
2.      susu bubuk
3.      ragi instan
4.      kentang
5.      gula pasir
6.      telur ayam
7.      air dingin
8.      mentega
9.      garam
Biaya Produksi
No
Alat atau Bahan
Pemakaian
Jumlah Harga
1
Wadah
1 buah
Rp. 10.000,00
2
Wajan
1 buah
Rp. 20.000,00
3
Kompor
1 buah
Rp. 150.000,00
4
Tabung Gas
1 buah
Rp. 20.000,00
5
Sumpit
1 buah
Rp. 1.000,00
6
Tepung terigu
1 kg
Rp. 10.000,00
7
Susu bubuk
1 scht
Rp. 2.000,00
8
Ragi instan
1 scht
Rp. 1.000,00
9
Kentang
¼ kg
Rp. 3.000,00
10
Gula pasir
Seckupnya
---
11
Telur ayam
4
Rp. 6.000,00
12
Air dingin
Secukupnya
---
13
Mentega
½ kg
Rp. 8.000,00
14
Garam
secukupnya
---
Jumlah Total
Rp. 231.000,00

b.      Proses produksi
1.      Ambilah wadah bersih, lalu campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula, ragi instan dan aduk-aduk sampai rata.
2.      Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur ayam dan juga air dinginnya, aduk sampai rata.
3.      Berilah adonan donat mentega dan juga garam, kemudian aduk lagi sampai elastis. diamkan adonan ini 15 menit saja.
4.      Kemudian bagilah adonan donat ini, masing-masing 50 gram, lalu dibulatkan dan istirahatkan adonan ini 20 menit, hingga mengembang.  (Biasanya untuk membagi & juga membulatkan seluruh adonan donat kentang hingga habis, memerlukan waktu 15 sampai dengan  20 menit, begitu anda membulatkan adonan kentang terakhir, langsung saja anda panaskan minyak goreng tuk memulai menggoreng adonan donat perdana yang telah dibulatkan).
5.      Selagi di goreng, lubangi adonan donat ini dibagian tengah, menjadi bentuk donat, menggunakan sumpit sampai donat matang.
6.      Angkat dan  tiriskan. Taburilah donat dengan gula manis atau hiasi (topping) dgn coklat.
c.       Volume produksi
Produksi di lakukan sebanyak 1 kali dalam 1 minggu dan dilakukan hanya selama bulan februari dengan volume produksi, 1 kali produksi menghasilkan 20 sampai 25 donat.

B.     Aspek Pemasaran
1.      Penetapan harga jual
harga adalah jumlah nilai uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang kami jalankan, kami menggunakan teknik follow the leader pricing yaitu teknik penentuan harga dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing dan harga individual dengan meninjau periklanannya. Alasan kami mengapa memilih teknik ini karena menurut kami teknik ini yang paling efektif untuk dijalankan.
No.
Rincian
Harga Jual / Unit
Laba / Unit
1.
Donat Kentang Pisduk
Rp. 2.000,00
Rp. 1.000,00

2.      Promosi
Sebelum produk dapat dibeli oleh banyak konsumen maka produk perlu diketahui secara luas terlebih dahulu dan caranya adalah promosi. Jenis dari promotion adaempat (4) yaitu periklanan, sales promotion, personal selling, public relation. Dalam usaha yang kami jalankan, kami menggunakan strategi personal selling atau penjualan pribadi. Personal selling yaitu kegiatan menawarkan barang atau jasa langsung kepada calon pembeli. Kami berusaha menemui calon pembeli dan berhadapan muka dengannya. Dasar pemikiran metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan komunikasi yang terbaik adalah komunikasi langsung. Oleh karena itu, kami tidak akan henti-hentinya mencari dan mengejar calon pelanggan baik di kelas maupun diluar lingkungan kelas.
3.      Distribusi
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara promosi langsung kepada customer, saat donat kentang psiduk telah di buat. Kami mencari pembeli dengan langsung menghampiri orang-orang yang sedang istirahat dan orang-orang yang sedang duduk di luar dan di dalam  ruangan. Kami juga menawarkan kepada guru kelas kami saat mata pelajaran yang di ajarkan telah selesai, tidak sampai disitu saja kami pun mencoba ke kantin sekolah pada jam istirahat dan ke tempat-tempat lainnya.

Setelah menawarkan produk kami akhirnya banyak terjadinya transaksi atau
pembelian. Bahkan sebelum melakukan sosialisasi produk ada beberapa customer yang langsung membeli. Kebanyakan dari pembeli kami adalah siswa/i  yang sedang santai menunggu bel masuk istirahat berbunyi dan sehubungan itu mereka dalam keadaan lapar, sehingga penjualan donat kentang pisduk berjalan dengan lancar dan banyak yang membeli.

C.    Aspek Finansial
1.      Kebutuhan modal tetap dan modal kerja
Modal tetap           = Rp. 200.000,00
Modal kerja           = Rp. 31.000,00
2.      Biaya yang dikeluarkan
Modal sendiri        = Rp. 100.000,00
3.      Hasil penjualan

Penjualan ke-
Jumlah barang
Harga barang
Harga jual
Laba
1
20
1.000/buah
2.000/buah
20.000
2
25
1.000/buah
2.000/buah
25.000
3
25
1.000/buah
2.000/buah
25.000
4
25
1.000/buah
2.000/buah
25.000

D.    Laporan Keuangan
1.      Neraca (Balance Sheet)
NERACA
AKTIVA
(Dalam Rupiah)
AKTIVA LANCAR
     Persediaan
       -      Terigu
       -      Kentang
       -      Minyak Goreng
       -      Telur
       -      Mentega
       -      Ragi instan


10.000,00
3.000,00
8.000,00
6.000,00
3.000,00
1.000,00
Jumlah
31.000
AKTIVA TIDAK LANCAR
     Peralatan
-          Kompor
-          Wajan
-          Gas
-          Wadah


150.000,00
20.000,00
20.000,00
10.000,00

Jumlah
200.000
PASSIVA

Sumber Modal
80.000
2.      Laporan laba rugi (income statement)
LAPORAN LABA RUGI
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi

40.000
20.000
Laba Bersih
20.000
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi

50.000
25.000
Laba Bersih
25.000
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi

70.000
40.000
Laba Bersih
30.000
Penjualan/Pendapatan Usaha 1
Biaya Produksi

50.000
25.000
Laba Bersih
25.000
Jumlah
10.000


3.      Laporan perubahan modal
Laporan Perubahan Keuangan
Modal awal usaha

RP. 80.000,00
Laba bersih
Rp. 100.000,00
Rp. 40.000,00

Produksi
Perubahan modal

Rp. 60.000,00
Modal akhir usaha

Rp. 140.000,00









E.     Lampiran
1.      Dokumentasi
   
    

Bukti transaksi
















BAB III
Penutup
A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam  melakukan suatu usaha perlu mengetahui berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha donat kentang pisduk ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.

B.     Saran
1.         Dalam  melakukan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang            dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2.         Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3.         Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4.         Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5.         Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar